Sabtu, 27 April 2013

Seni Menjual dan Teknik Promosi

A. Seni Menjual dan Teknik Promosi
     Ilmu menjual sesungguhnya merupakan ilmu yang dapat digunakan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu menjual (salesmanship), yaitu suatu seni untuk mempengaruhi orang lain agar bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.
     Menurut J. S Konox ilmu menjual adalah suatu kemampuan atau kecakapan untuk memengaruhi orang supaya mau membeli barang-barang yang kita tawarkan dengan cara yang saling menguntungkan, meski sebelumnya tidak terpikirkan oleh calon pembeli untuk membeli barang itu, tetapi pada akhirnya tertarik untuk membeli.
     Menurut K. B Haas dan E.C Perry ilmu menjual adalah pelayanan timbal balik sehingga kedua belah pihak merasa puas dengan barang yang diterima.
Dengan adanya orang yang mempunyai bakat istimewa dalam berjualan sehingga ia berhasil, timbul suatu pendapat bahwa "salesman are born not mode". Artinya, seorang penjual yang berhasil karena ia telah dikarunai bakat istimewa sejak lahir untuk menjadi penjual yang berhasil.
Ilmu menjual bermanfaat untuk:
1. Memperlancar tugas penjual dalam melakukan kegiatan perdagangan
2. Penjual dapat mengatasi segala macam tantangan atau hambatan yang kadang timbul ditengah kegiatan jual beli
3. Membantu penjual dalam mengatasi persaingan yang semakin ketat baik didalam negeri maupun di luar negeri
4. Meningkatkan omzet penjualan

     Banyak penjual yang mengalami rintangan dan kesulitan dalam menjalankan tugasnya. Mereka membuat kesalahan dalam pengambilan keputusan karena kelemahan yang dimilikinya. Sekarang, setiap orang bisa menjual, termasuk dirinya sekalipun bisa dijadika produk yang dijual karena keahlian dan skill yang dimilikinya. Namun demikian, jika penjual tidak memiliki teknik dan metode yang jitu dan tepat maka semuanya akan percuma. Dengan ketekunan kerja keras, inisiatif, dan kemauan keras, lama kelamaan dalam melakukan transaksi penjualan dan bersikap sebagai "scientist"  dalam memecahkan persoalan penjualan melalui analisis secara ilmiah agar diperoleh cara-cara menjual yang obyektif, rasional, dan menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar